Recent Post

Razer Sabertooth


Sebagai salah produsen produk aksesoris papan atas untuk para gamer, Razer terus mendukung para penggemarnya dengan merilis berbagai macam produk, mulai dari mousekeyboard, hingga arcade stick. Pada tahun 2011, Razer mencoba untuk berkecimpung dalam pasar controller konsol rumahan dengan Razer Onza. Meski mendapatkan respon yang cukup positif, controller tersebut memiliki beberapa kekurangan. Merasa tidak puas dengan Onza, di awal tahun 2013, Razer merilis Sabertoothcontroller terbaru buatan mereka untuk Xbox 360.
VGI Labs: Razer Sabertooth
Sabertooth adalah jawaban Razer untuk kekurangan-kekurangan yang ada pada Onza. Tidak hanya itu, Razer juga menambahkan sejumlah fitur baru, terutama tombol tambahan yang bisa diatur sesuka hati. Sebelumnya Onza memang sudah memiliki dua tombol tambahan yang bisa diprogram, tetapi pada Sabertooth ini Razer telah menambahkan enam tombol tambahan dengan posisi yang tidak mengganggu.
VGI Labs: Razer Sabertooth
Sebelum mulai membahas tentang tombol tambahan, kita akan melihat dulu bentuk dan juga tombol-tombol standar yang ada pada controller ini. Bentuk Sabertooth tidak begitu berbeda dengan controller Xbox 360 biasa, kecuali tanpa adanya tempat baterai di bagian belakang karena controller yang tidak nirkabel. Tidak perlu khawatir, kabel yang disediakan Razer memiliki panjang sekitar tiga meter. Kabel ini juga berupa kabel braided, ciri khas kabel dari Razer, yang dipastikan tahan lama. Sedangkan untuk body-nya, Sabertooth ini memiliki body yang dilapisi dengan karet agar tidak mudah slip.
VGI Labs: Razer Sabertooth
Tombol aksi (face buttons) untuk Sabertooth inipun terasa nyaman untuk ditekan. Sepertinya Razer menggunakan tombol mechanical (tidak bisa dikonfirmasikan) untuk controller ini dikarenakan adanya suara 'klik' yang khas tombol mechanical. Keempat tombol tersebut juga dilengkapi dengan backlit. D-pad untuk Sabertooth ini juga sangat nyaman untuk digunakan. Masing-masing arah benar-benar dipisahkan sehingga kamu akan mendapatkan arah gerakan yang sesuai ketika ditekan. Untuk kedua analog tidak begitu berbeda dengancontroller Xbox 360 biasa, hanya saja sedikit licin pada bagian permukaannya. Tidak perlu khawatir, Razer memberikan tambahan karet untuk analog yang membuat analog menjadi tidak terlalu licin.
VGI Labs: Razer Sabertooth
Enam tombol tambahan untuk Razer Sabertooth terletak pada sisi atas controller dengan dua buah yang dikenal sebagai Multi-Function Buttons (MFB) dan empat tombol di bagian belakang controller berupa trigger yang dikenal sebagai Multi-Function Triggers (MFT). Posisi untuk MFB sudah diperbaiki sejak Onza. Kali ini tombol berada lebih ke tengah, bukan pada posisi yang sama dengan shoulder buttons. Sedangkan MFT berada di belakang pada posisi yang tepat pada jari tengah berada. Ini artinya kamu hanya perlu menggerakkan jari tengah ke atas atau ke bawah untuk mengaktifkan salah satu MFT. Keenam tombol ini bisa diprogram sesuai dengan tombol-tombol yang ada. Contohnya adalah kamu bisa memprogram masing-masing MFT untuk mengaktifkan keempat face buttons, A,B,X,Y, jadi kamu tidak perlu melepaskan jempol dari analog kanan. Semua tombol tambahan ini hanya bisa diprogram untuk satu tombol saja, tidak bisa untuk kombinasi tombol ataupun menyimpan macro.
VGI Labs: Razer Sabertooth
Jika kamu merasa MFT yang berada di bagian belakang controller cukup menganggu, kamu bisa saja melepas keduanya. Cukup gunakan obeng yang sudah disertakan Razer untuk melepas kedua trigger. Setelah itu, kamu bisa menggunakan dua buah karet yang disediakan untuk menutup tombolnya. Karena cukup banyak aksesoris seperti kabel yang bisa dilepas, obeng, karet untuk analog, dan sebagainya, Razer membundel Sabertooth ini dengan sebuah case untuk menyimpan semuanya, termasuk sang controller. Bahan dari case ini cukup kuat dan pada bagian controller dilapisi dengan busa. Jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir ketika menjatuhkan casesecara tidak sengaja.
Akhir kata, Jika kamu tidak puas dengan controller Xbox 360, Razer Sabertooth adalah salah satu pilihan alternatif yang tidak mengecewakan. Selain memberikan tombol tambahan yang tidak mengganggu, Sabertooth memiliki kualitas yang tinggi dari segala sisi. PC gamers juga bisa memilih controller ini sebagai alternatif untuk digunakan di PC karena sama seperti controller Xbox 360 pada umumnya, Razer Sabertooth juga bisa digunakan di PC

0 komentar:

Posting Komentar